Mengapa Anak Harus Bermain?

Bagi kita, orang dewasa; permainan bisa jadi hanyalah menjadi sarana pengisi waktu luang atau bahkan hal yang membuang-buang waktu. Namun, bagi anak-anak, permainan adalah satu landasan penting bagi perkembangan dirinya. Bermain merupakan aktivitas yang sangat penting dengan berbagai manfaat yang akan dirasakan anak. Masa sebelum sekolah merupakan masa yang sangat tepat untuk membiarkannya asyik dengan permainannya. Dengan demikian, perkembangan otak anak akan tumbuh dengan bagus dan ia akan mencapai puncak kematangan dengan permainan yang dilakukannya. Sungguh, para orang tua yang melarang anak bermain pada dasarnya mereka sedang menghalang-halangi anak dari kebutuhan perkembangan paling mendasar.

pramuka 1

Bermain Lewat Pramuka

Berikut beberapa manfaat bermain yang akan didapatkan sang anak :

Dari segi fisik : bermain membuat anak bergerak aktif, sehingga akan bagus untuk perkembangan organ fisiknya. Selain itu, bermain akan merangsang perkembangan kecerdasan dan ketrampilannya dalam menyusun berbagai hal (motorik halus, motorik kasar, dll).

Dari segi nilai pendidikan : bermain memberikan banyak pelajaran bagi anak. Anak bisa belajar mengenal bentuk, warna, sifat benda, ukuran, dan sebagainya. Berbagai pengetahuan yang didapat melalui permainan ini seringkali tidak akan didapat anak di sekolahnya.

Manusia Pembelajar yang Hanya Ingin Terus Bisa Meningkatkan Kualitas Diri

Tagged with: , , ,
Posted in Tentang Anak

Leave a comment

HSMN Semarang
Hubungi kami di hsmn.semarang@gmail.com untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang kegiatan kami.